Monday, 26 December 2016

Mie Instan Pedas Sebabkan Iritasi Lambung

Mie Instan Pedas Sebabkan Iritasi Lambung, Mi instan super pedas menjadi populer di Indonesia karena banyak orang yang penasaran dengan rasanya. Apalagi, mayoritas orang Indonesia memang menyukai rasa pedas.
Jika Anda termasuk orang yang ingin mencoba mi instan super pedas, ketahui dulu apa dampaknya bagi kesehatan lambung.
Mie Instan Pedas Sebabkan Iritasi Lambung, Menurut dokter spesialis gizi klinik Stella Evangeline Bela, orang yang sudah memiliki penyakit maag sebaiknya tidak mengonsumsi makanan terlalu pedas. "Hati-hati dengan pedasnya karena bisa mengiritasi lambung. Ini karena lambung kita sudah asam, lalu ditambah lagi dengan zat-zat yang mengiritasi," ujar dokter yang berpraktik di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur ini.
Seperti diketahui, gangguan pencernaan atau dispepsia tukak menyebabkan lambung mudah terangsang. Makanan dan minuman yang bisa memicu asam lambung antara lain yang mengandung kadar asam tinggi, kafein, atau makanan pedas.
Stella menjelaskan, makanan terlalu pedas seperti mi instan tersebut sebaiknya dihindari. "Apalagi kita tidak tahu apa campuran di dalam mi pedas tersebut. Berbeda dengan cabai yang pedasnya alami sehingga ada batasnya," paparnya.
Orang yang menderita gangguan lambung disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering. "Pilih makanan yang lembut-lembut," ujarnya. Bagi mereka yang tidak memiliki sakit maag, konsumsi mi super pedas itu seringkali menimbulkan rasa panas di perut yang tidak nyaman.
Mie instan terbuat dari tepung terigu yang mengandung karbohdirat tinggi dan bumbunya mengandung sodium yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian kandungan karbohidrat dan sodium yang tinggi inilah yang dapat memicu naiknya asam lambung ke arah kerongkongan karena pintu masuk yang menghubungkan lambung dan kerongkongan mengalami gangguan. Naiknya asam lambung ini dapat membuat iritasi pada lambung sehingga menyebabkan radang lambung, gejalanya berupa ulu hati terasa sakit, dada terasa panas atau rasa terbakar pada dada/kerongkongan, pada kasus tertentu penderitanya sulit membedakan apakah ini serangan jantung atau penyakit asam lambung. Oleh karena itu sebaiknya hindari konsumsi mie instan saat Anda sedang sakit maag.

No comments:

Post a Comment